Home » » Resep Membuat Mini Cheese Donat Yang Empuk Dan Enak

Resep Membuat Mini Cheese Donat Yang Empuk Dan Enak


Sajian ini akan bisa ibu buat untuk dijadikan cemilan sehat dan sedap. Dengan begini, ibu tak lagi harus dibuat kebingungan mencari-cari menu cemilan yang nikmat dan istimewa untuk dihidangkan bagi keluarga. Ingin tahu seperti apa resep membuat mini cheese donat yang empuk? Simak resepnya dibawah ini.

Bahan-Bahan yang Diperlukan :
350 gram tepung terigu protein tinggi
15 gram susu bubuk
35 gram gula pasir
150 gram kentang
1/2 sendok makan ragi instan
1 butir telur 
1/2 sendok teh bakong powder
1 sendok teh garam
100 ml air es
30 gram margarin
minyak untuk menggoreng
Bahan Pencelup Keju:
12 lembar smoked cheese
150 ml susu cair

Bahan Untuk Taburan :
1 sendok teh paprika bubuk

Cara Membuat Mini Cheese Donat yang Empuk :

  • Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mempersiapkan peralatan yang akan diperlukan untuk membuat adonan. Beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah baskom, loyang, wajan, spatula dan sebuah piring saji. Dengan mempersiapkan peralatan ini maka nantinya anda akan dapat membuat adonan dengan lebih mudah dan lebih sederhana. Untuk itu, mengingat cukup pentingnya beberapa peralatan ini, maka sebaiknya anda tidak melewatkan langkah yang satu ini.
  • Setelah selesai dengan mempersiapkan semua peralatan, lanjutkan dengan mempersiapkan loyang. Taburi loyang dengan menggunakan tepung terigu secara merata sampai semuanya terlapisi dengan menggunakan taburan tepung teirgu. Hal ini difungsikan agar nantinya loyang tidak lengket atau adonan menempel diatasnya. 
  • Selanjutnya silahkan lakukan dengan membersihkan kentang dari kulitnya. Lakukan hal ini dengan menggunakan pisau atau dengan alat pengupas kulit sayur agar bisa dilakukan dengan mudah. 
  • Setelah dikupas, silahkan potong-potong kentang dengan ukuran yang anda inginkan untuk kemudian bawa ke tempat cucian dan bersihkan dengan menggunakan air yang mengalir agar nantinya kuman dan kotoran yang ada pada kentang bisa dibersihkan secara merata. 
  • Bila sudah bersih silahkan masukkan kentang kedalam kukusan dan kukus sampai empuk dan matang secara. Setelah matang, angkat dan haluskan pada saat masih panas agar kentang bisa dihaluskan dengan lebih mudah. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Adonan Donat:
  • Untuk yang pertama bisa dilakukan dengan mencampurkan tepung terigu bersama dengan kentang, ragi instan, gula dan juga susu bubuk. Aduk-aduk bahan ini secara merata sampai tercampur secara merata. 
  • Setelah itu, silahkan masukkan telur bersama dengan air es sedikit demi sedikit dengan perlahan sambil diaduk sampai kalis atau tidak lengket ditangan. Masukkan margarin bersama dengan garam kedalam adonan dan uleni kembali sampai bahan ini menjadi lebih elastis secara merata. Setelah itu, diamkan secara merata selama kurang lebih 15 menit. 
  • Selanjutnya kempiskan adonan dengan menggunakan tangan dan timbang masing-masing adonan sebanyak 15 gram. Lalu bulatkan dengan tangan dan diamkan bahan ini selama kurang lebih 10 menit. 
  • Pipihkan adonan dan lubangi bagian tengahnya dan letakan diatas loyang yang telah ditaburi dengan tepung. Lalu biarkan selama kurang lebih 45 meit sampai mengembang secara merata. 
  • Panaskan minyak goreng dalam wajan dan masukkan adonan kedalamnya. Masak atau goreng sampai matang dan berwarna kecoklatan. Setelah matang, angkat dan sisihkan sementara. 
  • Celupkan keju, campur bersama dengan susu cair dan smoked cheese. Aduk-aduk bahan ini secara merata hingga larut.
Sajikan donat yang telah dicelupkan kedalam keju dan ayak paprika bubuk untuk kemudian taburkan diatas donat.

0 comments:

Post a Comment