Home » » Resep Makanan Donat Buah Campur Gula Palem , Paling Enak

Resep Makanan Donat Buah Campur Gula Palem , Paling Enak

 

Hidangan donat buah dengan campuran gula palem akan menjadi cemilan yang nikmat. Apalagi dinikmati bersama dengan secangkir teh hangat pada saat pagi atau sore hari. Untuk bisa membuat sajian ini, mari kita simak resep membuat donat buah campur gula palem .


Bahan-Bahan yang Diperlukan :

300 gram tepung terigu protein tinggi
35 gram mentega tawar
25 gram gula pasir
20 gram susu bubuk
50 gram fruitmix
1/2 sendok teh baking powder
1 kuning telur
185 ml air es
6 gram ragi instan
1 sendok teh garam
minyak padat untuk menggoreng

Bahan Untuk Pelapis :

1/2 sendok teh kayumanis bubuk
100 gram gula palem

Cara Membuat Adonan Donat :
 
  • Untuk membuat adonan bisa dilakukan dengan mencampur beberapa bahan dalam satu wadah yang sama. Bahan-bahan tersebut diantaranya adalah ragi instan, tepung terigu, susu bubuk dan juga baking powder. Aduk-aduk semua bahan ini sampai tercampur secara merata.
  • Setelah itu, silahkan masukkan air es sedikit demi sedikit dengan perlahan. Aduk-aduk secara merata sampai semua bahan tersebut tercampur merata. Lalu uleni dengan menggunakan tangan sampai kalis merata.
  • Masukkan mentega tawar kedalamnya bersama dengan garam. Uleni kembali sampai semua bahan menjadi lebih elastis secara merata. Kemudian diamkan selama 30 menit sampai semua bahan tersebut menjadi lebih mengembang. Tambahkan dengan fruitmix dan aduk-aduk sampai semua bahan tercampur merata.
  • Kempiskan adonan dengan menggunakan tanag. Lalu timbang masing-masing adonan sebanyak 30 gram dan bulatkan dengan menggunakan tangan, setelah itu diamkan kembali selama kurang lebih 10 menit.
  • Pipihkan adonan dengan menggunakan tangan, lalu lubangi bagian tegannya dengan menggunakan sumpit. Letakkan dalamloyang yang telah ditaburi dengan tepung terigu, kemudian diamkan lagi selama kurang lebih 60 menit hingga bahan ini menjadi lebih mengembang secara merata.
  • Goreng adonan dalam minyak panas yang ada pada wajan sampai matang dan berwarna kecoklatan. Jangan lupa dibulak balik agar adonan matang secara merata. Angkat dan tiriskan bila sudah matang.
  • Untuk membuat bahan pelapis bisa dilakukan dengan memblender gula palem sampai halus dan campurkan dengan kayumanis bubuk.
Ambil satu buah donat dan gulingkan dala bahan pelapis secara merata. Setelah itu sajikan.

Selamat Mencoba...

0 comments:

Post a Comment